Memandikan Bayi yang Baru Lahir Baca - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, April 28, 2013

Memandikan Bayi yang Baru Lahir Baca

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya cara memandikan bayi yang baru lahir merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang, khususnya bagi ibu muda yang baru pertama sekali melahirkan seorang bayi. Memang dalam hal ini sebagian besar para dokter selalu menyarankan agar tidak memandikan bayi pada usia yang masih dini, khususnya pada minggu-minggu pertama kelahirannya.

Pada masa awal kelahiran bayi, khususnya saat tali pusatnya belum puput, maka langkah yang paling tepat dan bijak untuk dilakukan adalah memandikan bayi bukan dengan cara diguyur atau tubuhnya direndam di dalam bak mandi. Tetapi bayi cukup hanya dimandikan dengan cara diseka dengan waslap.

Meski demikian bagi para ibu yang masih kebingungan bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir dengan cara diseka dengan menggunakan waslap, maka berikut ini adalah trik dan tipsnya disajikan kepada Anda:

1. Sebelum memandikan bayi, maka hal pertama yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah peralatan mandi, seperti air hangat dalam baskom ukuran sedang, selain itu sediakan juga shampo dan sabun bayi, waslap, serta handuk bayi.

2. Setelah peralatan mandi kesemuanya telah tersedia, maka kemudian hal yang dilakukan adalah membuka baju bayi secara perlahan-lahan. Bungkuslah bayi pada handuk, dan baringkan tubuhnya diatas alas anti air.

3. Tutuplah bagian tubuh bayi yang sedang tidak Anda bersihkan dengan handuk, hal ini dimaksudkan agar bayi tidak kedinginan.

4. Bersihkanlah pada bagian kelopak mata, khususnya pada bagian atas secara perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas.

5. Kemudian usaplah telinga bayi bagian luar. Kemudian, bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

6. Setelah itu berikan sedikit shampo di waslap dan gosok sampai keluar busanya, perlahan usapkan pada kepala si kecil. Bersihkan waslap dan usap lembut kembali kepala bayi hingga tak ada busa tersisa.

7. Khusus pada bagian are kelamin, bersihkan dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja.

Setelah proses memandikan bayi sudah selesai Anda kerjakan seperti yang sudah diterangkan diatas, maka selanjutnya adalah memakaikan bayi popok dan baju. Selain itu Anda juga jangan lupa untuk menaruh lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi. Dengan cara diatas, maka tentunya bayi Anda sudah bersih, dan harum kembali.

M.Noor Aditya Rahman 28 Apr, 2013


-
Source: http://www.snipertechno.com/2013/04/memandikan-bayi-yang-baru-lahir.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment