Inilah Beragam Manfaat Mendapatkan Imunisasi DPT untuk Anak-anak - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, September 19, 2019

Inilah Beragam Manfaat Mendapatkan Imunisasi DPT untuk Anak-anak

Imunisasi DPT

Imunisasi DPT merupakan salah satu vaksin yang harus diberikan kepada anak-anak di zaman sekarang ini, diantaranya adalah untuk mencegah penyakit difteri, pertusis dan juga tetanus. Memang semakin lama jika dilihat memang ada banyak sekali jenis-jenis penyakit baru yang beresiko untuk menyerang manusia, hanya saja sebagian diantaranya sudah memiliki vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah masalah kesehatan tersebut. Khususnya adalah penyakit-penyakit berbahaya yang beresiko tinggi dapat menyebabkan kematian. Jadi mulai dari usia anak-anak sudah harus mendapatkan vaksinasinya.

Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari vaksinasi DPT ini, berikut yang harus diketahui, yaitu:

1.    Mencegah difteri, ini termasuk dalam jenis penyakit baru yang belakangan ini cukup menghebohkan di Indonesia, bahkan pernah masuk sebagai salah satu kejadian luar biasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang pada selaput lendir hidung dan juga tenggorokan. Hal tersebut menyebabkan penderitanya kesulitan di dalam bernapas dan juga makan. Bahkan jika terus dibiarkan maka racun atau toxin yang berasal dari infeksi bakteri tersebut akan menyebabkan kerusakan syaraf dan juga beberapa organ tubuh vital layaknya jantung, paru-paru hingga ginjal, sehingga menyebabkan sebagian banyak diantara penderitanya mengalami kematian.

2.    Mencegah penyakit pertusis, penyakit ini dikenal juga sebagai batuk rejan, masalah kesehatan yang satu ini pada dasarnya juga akan menyerang bagian saluran pernapasan sehingga menyebabkan penderitanya nanti akan mengalami batuk parah. Jika seandainya menjangkiti anak-anak yang berusia dibawah 1 tahun maka akan lebih membahayakan lagi, karena resikonya juga tinggi untuk mereka terjangkit pneumonia, terjadinya kerusakan otak, kejang hingga kematian.

3.    Mencegah penyakit tetanus, mungkin banyak yang sudah tidak begitu asing dengan penyakit tetanus. Imunisasi DPT juga ditujukan untuk mencegah agar tidak sampai terjangkit tetanus. Penyakit yang bisa menyebabkan otot menjadi kaku, kelumpuhan bahkan juga sampai kejang. Tetanus ini juga disebabkan oleh infeksi bakteri, hanya saja bedanya tetanus bukan jenis penyakit yang menular. Ia bisa menyerang karena luka yang kotor atau terpapar oleh tanah.

Pemberian imunisasi untuk mencegah penyakit difteri, pertusis dan juga tetanus di atas biasanya akan dilakukan sejak buah hati berusia 2 bulan sampai dengan usia 6 tahun. Hanya saja setelahnya akan dianjurkan untuk melakukan booster Tdap, yaitu imunisasi ulang untuk ketiga jenis penyakit tersebut setiap 10 tahun, sehingga hasil pencegahan juga lebih optimal. Adapun juga beberapa efek samping yang akan terjadi jika seandainya buah hati mendapatkan imunisasi ini, diantaranya adalah:

1.    Demam, biasanya peningkatan suhu badan yang terjadi juga tidak terlalu tinggi, hanya demam ringan saja.
2.    Bengkak yang terjadi pada area bekas suntikan tersebut.
3.    Kulit yang terkena suntikan tersebut nantinya akan menjadi memerah disertai dengan rasa sakit untuk beberapa hari.
4.    Anak yang mendapatkan imunisasi ini umumnya juga akan mengalami rasa lelah.
5.    Buah hati akan jadi sedikit rewel, karena memang rasa sakit yang terjadi pada bekas suntikan dan mungkin juga disebabkan oleh peningkatan suhu badannya.

Efek samping yang dirasakan umumnya terjadi antara 1 hingga 3 hari saja, selepasnya sudah akan membaik. Bagi para orang tua wajib untuk memastikan agar buah hati mereka mendapatkan imunisasi DPT ini untuk cegah dari resiko penyakit-penyakit membahayakan tersebut. Dengan demikian Anda juga sudah ikut berperan dalam melindungi mereka dari masalah kesehatan.

No comments:

Post a Comment