Ternyata Gampang Kok Urus Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Bermotor - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, October 25, 2019

Ternyata Gampang Kok Urus Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Bermotor

BMW 320i Sport
 
Biasanya kalo mau beli mobil sport eropa seperti BMW 320i Sport apalagi yang second kita harus berburunya di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, yang jadi masalah kebanyakan orang malas untuk memutasi surat-surat mobil itu ke tempat asalnya karena masih ada stigma yang mengatakan bahwa biaya balik nama motor dan mutasi 2019 itu susah pengurusannya.
 
Sebenarnya, proses cabut berkas STNK sebenarnya tidak terlalu ribet dan tidak perlu membuang-buang uang untuk membayar biro jasa. Hal paling penting, datang langsung ke Kantor Samsat daerah asal tempat BPKB diterbitkan atau tempat pelat nomor terdaftar. Cabut berkas STNK ini bisa diwakilkan asalkan mempersiapkan BPKB dan KTP asli untuk mutasi ke kota tujuan.
 
Proses cabut berkas STNK ada 2 macam, yaitu mutasi di beda kota satu provinsi dan mutasi lain provinsi. Jika proses mutasi melibatkan dua daerah, SAMSAT dan berbeda provinsi, maka diperlukan prosedur cabut berkas yang melibatkan Polda setempat.
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika mengurus mutasi kendaraan Anda, mulai dari:
 
Lakukan cek fisik di daerah asal
Tahap pertama yang melakukan cek fisik kendaraan di daerah asal. Petugas akan menggesek nomor rangka dan mesin kendaraan. Setelah itu, hasil dari gesek nomor itu diserahkan ke loket bersama dengan berkas-berkas kendaraan. Petugas akan memeriksa semua kelengkapan dan keaslian berkas-berkas kendaraan, serta melegalisir semua berkas tersebut.
 
Menuju bagian pelayanan mutasi kendaraan
Apabila berkas sudah berada di tangan Anda, tahap kedua adalah melanjutkan proses ke bagian pelayanan mutasi kendaraan. Lalu, isi formulir mutasi sekaligus balik nama. Bila sudah selesai, serahkan formulir tersebut beserta berkas yang sudah dilegalisir sebelumnya, seperti fotokopi BPKB, STNK, dan KTP, masing-masing dua rangkap. Petugas akan kembali memeriksa berkas-berkas serta kelengkapan dokumen kendaraan. Jika sudah selesai, nama Anda akan dipanggil untuk membayar sejumlah biaya balik nama motor dan mutasi 2019 yang ditentukan. Setelah membayar, bawa tanda terima pembayaran untuk pengambilan berkas. Anda harus menunggu sekitar 5 hari kerja untuk mengambil kembali berkas-berkas kendaraan Anda. Namun jangan khawatir, kendaraan Anda tetap bisa digunakan selama berkas tersebut masih di tangan petugas, karena akan mendapatkan surat jalan sementara.
 
Lapor ke Samsat daerah tujuan
Setelah berkas keluar dan sudah bisa diambil, datangi kantor Samsat daerah tujuan mutasi. Serahkan semua berkas yang sudah dicabut dari Samsat daerah asal kepada petugas Samsat di daerah tujuan mutasi kendaraan Anda.
 
Cek fisik kembali
Lalu, kendaraan yang dimutasi wajib melakukan cek fisik kembali untuk memastikan keaslian nomor rangka dan mesin yang sudah dicek di Samsat daerah asal. Samsat juga akan melakukan cek silang ke Polda setempat bila Anda melakukan mutasi lintas provinsi. Jika sudah selesai cek fisik, tahap selanjutnya adalah kembali ke loket mutasi untuk menyerahkan semua berkas kendaraan.
 
Proses selesai, Anda tinggal menunggu STNK dan pelat nomor yang baru. Mudah bukan.

No comments:

Post a Comment