Ketahui Proses Sintesis Protein dalam Tubuh - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, October 31, 2019

Ketahui Proses Sintesis Protein dalam Tubuh

proses sintesis protein

Protein merupakan salah satu zat penting dalam tubuh. Salah satu fungsi protein yang sangat penting bagi tubuh adalah membantu regenerasi sel. Sehingga sel-sel yang rusak dapat kembali bekerja normal untuk metabolisme tubuh. Tahukah Anda bahwa protein ini jugalah unsur utama pembentuk kode genetik pada tubuh. Proses pembentuk kode genetik sintesis protein disebut juga sebagai biosintesis protein merupakan suatu proses pembentukan partikel protein dalam bahasan biologi molekuler yang didalamnya melibatkan RNA dan DNA.

Fungsi protein didefinisikan oleh fungsi molekuler, penempatan di dalam sel dan keterlibatan di proses biologis tertentu. Adanya proses sintesis protein, dapat membantu sel biologis membuat protein baru. Selain itu juga untuk menyeimbangkan kehilangan protein seluler lewat degradasi dan ekspor.

Pada proses sintesis protein, DNA adalah sumber pengkodean pada asam nukleat yang nanti menjadi asam amino sebagai bahan penyusun protein tetapi tidak terlibat secara langsung dalam prosesnya.

Tahapan sintesis protein 
  • Transkripsi
Pada proses transkripsi, gen pada untaian DNA ‘ditulis ulang’ dalam bentuk RNA. Sehingga terjadi perubahan struktur dari untaian ganda (double helix) yang mulanya dari DNA, menjadi untaian tunggal (single helix) ketika berbentuk RNA. Transkripsi adalah suatu pembentukan mRNA dari salah satu pita DNA (DNA cetakan) dengan bantuan enzim RNA polimerase.Pembawa informasi atau kode genetik ini adalah mRNA (messenger RNA) atau RNA duta. Transkripsi ini pun meliputi tiga tahapan yaitu inisiasi, elongasi, dan terminasi. Pada tahapan inisiasi ini RNA polimerase akan melekat atau berikatan dengan promoter, setelah promoter berikatan dengan kumpulan protein yang disebut faktor transkripsi. Pada tahap elongasi, RNA mengalami pemanjangan seiring dengan pembentukan pasangan basa nitrogen DNA. Terakhir pada tahap terminasi, rantai DNA akan menyatu seperti semula dan RNA polimerase segera terlepas dari DNA. Hasil akhirnya adalah mRNA baru.
  • Translasi
Pada tahapan selanjutnya dalam sintesis protein adalah Translasi. Pada tahap ini Ribosom akan membaca kode yang ada pada mRNA dengan bantuan RNA lain, yakni RNA transfer atau tRNA. Terdapat tiga tahapan pada Translasi yaitu Inisiasi, Elongasi dan Terminasi. Pada tahap inisiasi ribosom akan merakit di sekitar mRNA untuk dibaca dan tRNA pertama yang membawa asam amino metionin. Tahapan elongasi adalah tahapan di mana rantai asam amino diperpanjang. Rantai mRNA dibaca satu kodon sekali, dan asam amino yang sesuai dengan kodon ditambahkan ke rantai protein. Kemudian pada tahapan terminasi, rantai polipeptida dilepaskan. Proses ini dimulai ketika stop kodon (UAG, UAA atau UGA) memasuki ribosom dan akan membuat rantai polipeptida terpisah dari tRNA yang kemudian keluar dari ribosom.

Protein merupakan bagian penting bagi organisme. Adanya protein ini bertindak sebagai penyusun tubuh organisme itu sendiri. Protein tidak lain adalah suatu rantai asam amino yang disebut polipeptida. 

No comments:

Post a Comment