Penyebab AC Mobil Anda Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, October 7, 2019

Penyebab AC Mobil Anda Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki


AC mobil tidak dingin


Ada kalanya para pemilik mobil kebingungan dengan kondisi AC mobil mereka. Ketika mengendarai mobil di malam hari, AC terasa dingin seperti biasanya. Anehnya, ketika siang hari AC mobil tidak dingin. Seolah tidak mampu meredam suhu yang panas di luar kabin. Begitu juga ketika AC mobil tidak dingin saat macet.

Ada baiknya sebelum pergi ke bengkel AC mobil, Anda melakukan pengecekan temperatur suhu di dalam kabin ketika AC dinyalakan. Secara umum, perbedaan suhu antara luar dan dalam mobil berkisar 10 derajat celcius. Misalkan suhu di luar 30 derajat, maka kisaran suhu di dalam kabin akan terasa sejuk atau dingin pada kisaran suhu 18-20 derajat celcius.

Nah, ketika perbedaan suhu antara luar dan dalam mobil masih normal maka lanjutkan ke pemeriksaan komponen. Biasanya, AC mobil yang terasa panas di siang hari adalah akibat extrafan yang berputar tidak maksimal. Putaran extrafan yang sudah melemah ini membuat proses kondensasi pada Kondenser kurang maksimal.

Akibatnya tekanan pada freon pun menjadi lebih tinggi. Ketika hal ini dibiarkan terus menerus bisa membuat freon terbuang sedikit demi sedikit melalui sil sambungan pipa atau selang yang udah tidak kuat menahan tekanan freon.

Pemecahan masalah ini sudah tentu dengan mengganti extrafan baru. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi freon yang bisa saja sudah terjadi kebocoran pada sistem ac akibat membiarkan kerusakan pada extrafan berlarut-larut sehingga tekanan menjadi overheat dan membuat komponen ac menjadi bocor.

Periksa Kondisi Kaca Film
Bagi Anda yang kebetulan mempunyai mobil-mobil lansiran lawas. Di atas tahun 2000-an misalnya, boleh jadi harus memeriksa kondisi kaca film. Ketika AC mobil terasa berbeda dinginnya di siang dan malam hari. Ada kemungkinan, kaca film mobil Anda memang sudah tidak mampu menahan sinar ultra violet yang dipancarkan matahari.

Boleh jadi kaca film mobil Anda harus di-upgrade. Kaca film yang menempel pada mobil-mobil lawas umumnya belum memiliki teknologi memantulkan panas. Hanya membuat ruang kabin terlihat lebih gelap saja. Sehingga ketika matahari tengah bersinar terik, tidak ada lapisan yang mampu menahan atau mengurangi intensitas cahayanya masuk ke dalam kabin.

Kaca mobil yang saat ini beredar di pasaran mayoritas sudah dibekali dengan teknologi anti-UV dan antipanas. Termasuk bisa meredam sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Segera ganti kaca film Anda dengan kualitas yang lebih baik agar AC mobil kembali terasa dingin meski berkendara di siang hari.

AC Mobil Hanya Keluar Angin
Selain AC mobil tidak panas di siang hari, ada kalanya AC mobil hanya keluar angin. Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin besar kemungkinan karena Kompresor tidak berputar. Akibatnya, freon yang bisa membuat dingin AC mobil tidak bersirkulasi.
Apa yang membuat Kompresor tidak berputar? Ada beberapa penyebabnya, antara lain:

•    Freon habis. Dapat dipastikan ada kebocoran yang membuat freon pada sistem AC mobil Anda habis.
•    Kerusakan pada Magnetic Clutch.
•    Puli Kompresor tidak berputar karena bearing yang macet atau fanbelt putus.
•    Jarak atau celah yang terlalu lebar pada Center Piece Kompresor. Hal ini membuat medan magnet tidak bisa menarik Center Piece.
•    Thermostat AC atau Themistor Coller yang ada di dalam Evaporator mengalami kerusakan.
•    Kerusakan pada relay Magnetic Clutch.
•    Sekering AC putus karena ada hubungan arus pendek pada Magnetic Clutch. Hal ini cukup sering ditemui di mobil yang AC tidak dingin dan hanya keluar angin.
•    Kerusakan pada pengatur suhu AC di bagian dashboard. Umumnya berupa kerusakan pada resistor variable.
•    Khusus mobil injeksi, bisa jadi penyebab Kompresor yang tidak berputar adalah rusaknya Throttle Position Sensor (TPS).
•    Temperatur mesin mobil yang terlalu tinggi juga bisa membuat Kompresor tidak mau berputar.

Untuk bisa mencegah agar AC mobil tidak hanya keluar angin sudah tentu Anda harus melakukan perawatan rutin terhadap Kompresor AC mobil serta melekukan service AC mobil secara rutin. Bagaimanapun, perawatan yang teratur dan benar bisa membuat kinerja dan umur AC mobil Anda lebih panjang. Anda pun bisa selalu menikmati perjalan tanpa takut cemas akan mengalami kegerahan di perjalanan.

No comments:

Post a Comment