Liburan ke Bandung ala Backpacker, Yuk! Pasti Puas dan Nyaman dengan Tips Ini - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, November 28, 2019

Liburan ke Bandung ala Backpacker, Yuk! Pasti Puas dan Nyaman dengan Tips Ini

Bandung
 
Bandung alias Paris van Java memang merupakan salah satu kota yang selalu menarik untuk dikunjungi. Bahkan, Anda yang punya budget terbatas dan ingin liburan ala backpacker juga masih bisa puas-puaskan diri menjelajahi kota ini, lho!
 
Karena liburan ala backpacker identik dengan yang serba irit, Anda bisa pilih naik kereta api saja. Dengan biaya yang lebih hemat, Anda bahkan bisa liburan makin irit dengan pilihan kereta ekonomi, lho! Tak perlu khawatir, karena kereta api ekonomi masa kini sudah semakin berkualitas, jadi perjalanan Anda dijamin selalu nyaman dan aman, kok. Klik di sini untuk cek tiket KAI untuk pergi ke Bandung, ya!
 
Kemudian, agar liburan ala backpacker Anda bisa berjalan lancar dan seru, pastikan Anda melakukan beberapa persiapan penting. Apa saja ya persiapannya?
 
1.    Buat anggaran dan alokasikan dengan cermat.
Karena tujuan Anda adalah liburan irit ala backpacker, pastinya biaya jadi bahan pertimbangan utama, kan? Jadi, pastikan Anda memulai rencana liburan Anda dengan rencana biaya alias anggaran yang teliti dan cermat.
 
Tentukan dulu berapa dana yang tersedia untuk segala pengeluaran terkait liburan Anda ke Bandung – transportasi PP, transportasi selama di Bandung, penginapan, uang makan, oleh-oleh, dan sebagainya. Setelah itu, alokasikan dengan cermat dan ikuti anggaran dengan disiplin.
 
2.    Rencanakan barang bawaan.
Sebenarnya, tips ini perlu Anda perhatikan juga bahkan kalau Anda tidak berencana untuk liburan ke Bandung ala backpacker sekalipun. Sebab, barang bawaan yang tidak terencana dan membludak jelas akan merepotkan Anda, kan? Apalagi untuk Anda yang akan menjelma jadi backpacker nantinya, karena mayoritas barang bawaan Anda wajib muat masuk ke dalam ransel alias backpack.
 
Karenanya, buat dulu daftar barang yang Anda butuhkan, kemudian alokasikan tempat di dalam tas agar semua barang tersebut muat. Hindari membuang-buang tempat untuk barang yang tidak benar-benar Anda perlukan agar ransel Anda tidak keberatan dan Anda masih bisa membawa barang-barang penting saat berlibur nanti.
 
3.    Pilih moda transportasi darat.
Hindari menaiki pesawat untuk perjalanan PP ke Bandung, yang dijamin akan membuat biaya liburan jadi bengkak. Alternatifnya, ambil opsi transportasi darat yang jauh lebih terjangkau sehingga Anda masih bisa berhemat. Kalau Anda tidak kuat naik bus karena sering mabuk darat, kereta api bisa jadi pilihan yang tepat, kok.
 
4.    Pilih penginapan dengan harga terjangkau.
Selain menghemat biaya liburan lewat transportasi PP, Anda juga perlu berhemat dengan memilih penginapan yang terjangkau. Apalagi, mau tak mau Anda harus mengakui kalau penginapan akan selalu memakan banyak biaya, seirit apapun Anda selama liburan nanti.
Untungnya, sekarang Anda bisa temukan pilihan penginapan murah yang aman, nyaman, dan berkualitas yang sangat beragam. Kalau Anda tidak keberatan berbagi kamar dengan orang asing, Anda bisa pertimbangkan penginapan model dorm atau asrama dengan kasur tingkat (bunk bed). 
 
Di samping itu, Anda juga bisa akali dengan memilih penginapan yang tidak langsung berada di kawasan wisata di Bandung seperti Dago dan Braga. Untuk berhemat, tak perlu ragu pilih penginapan yang jaraknya sedikit di luar pusat kota atau kawasan wisata, tapi tetap masih mudah untuk dijangkau.
 
5.    Pilih transportasi murah untuk keliling Bandung.
Agar Anda bisa puas berkeliling Bandung, Anda bisa pertimbangkan untuk menyewa motor. Atau, Anda bisa pilih naik kendaraan umum atau ojek online, sesuai dengan preferensi pribadi dan anggaran Anda. 
 
Dan jika Anda tidak keberatan untuk bersepeda berkeliling Bandung, ada opsi sepeda Boseh (Bike on Stree, Everybody Happy), lho! Sepeda ini dapat Anda sewa dari berbagai titik persewaan yang tersebar di berbagai tempat strategis di Bandung, seperti Dago dan Jalan Riau. Harga sewanya sangat terjangkau, yaitu Rp 1.000 untuk satu jam pertama, dan Rp 2.000 untuk jam berikutnya (biaya dipatok per jam). Selain irit, Anda jadi bisa liburan sehat juga, kan? 
 
6.    Nikmati kuliner enak kaki lima.
Eits, siapa bilang makan enak harus bayar mahal? Di mana saja, Anda pasti bisa makan enak dengan harga yang ramah di kantong, kok! Bahkan ketika Anda liburan ala backpacker di Bandung nanti, yang selama ini dikenal sebagai surga kuliner. Contohnya Kupat Tahu Gempol. Bakmi Lezat Gang Luna, Bebek Ali Borromeus, dan masih ada banyak pilihan kuliner enak kaki lima dengan harga yang hemat.

No comments:

Post a Comment