Sejarah dan jenis sserta bagian Jam - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 26, 2019

Sejarah dan jenis sserta bagian Jam

Jam tangan pria

Saat ini jam tangan diluar fungsinya sebagai penunjuk waktu, saat ini jam juga mempunyai berbagai macam fitur, dari mulai kompas, penunjuk suhu bahkan saat ini ada pula Smart watch yang sudah terhubung dengan smartphone Android. Selain itu jam tangan pria ataupun wanita juga kerap menjadi pelengkap dan akseseoris fashion.

Seiring majunya zaman, dimanapun masyarakat mengetahui waktu itu sangat penting di kehidupan masing-masing. Jam dungsi utamnaya merupakan penghitung waktu dilihar dari fungsinya. Pada kesempatan ini ada beberapa sehal yang menarik untuk dibahas. Seperti jenis jam, sejarah dan fungsinya secara lengkap.

Secara umum jam merupakan pengukuer waktu, menunjukan, dan menyimpan, Kata jam sebenarnya diturunkan dari bahasa Belanda, perancis Utara, dan Latih di Abad Pertengahan, dari kata “Celtic clagan” dan “Clocca” yang mempunyai artian bel. Sebuah instrument diam yang hilang seperti mekanismer mencolok secara tradisional telah di kenal sebagai arloji. Pada pengunaan umum saat ini, sebuah “jam” mengacu kepara perangkat untuk mengukur dan juga menampilkan waktu. Jam tangan dan jam tangan lain yang bisa di bawa pada seseorang sering dibedakan dari jam. Sejakzaman dahulu, manusa menyadari jika pergantian siang dan malam telah membagi aktivitas kehidupan sehari-hari ke dalam dua jenis pembagian watu, yaitu waktu kehidupan sehari-hari ke dalam dua jenis pemabgain waktu, yaitu waktu bekerja dan waktu beristirahay. Tidak cukup hannya membagi hari dalam siang dan juga malam, manusia kemudian juga membagi waktu ini berdasarkan pergerakan posisi matahari yang mereka lihat setiap hari, yaitu nbaik dari tempat terbit di kaki langit, bergerak sampau tepat di puncak kepala lalu bergeser turun kembali ke kaki langit di tempat terbenam. Mulai saat itulah mulailah orang-orang pada zaman itu berpikir tntang adanya sebuah acuan waktu yang tepat dan spesifik untuk menentukan kegiatan-kegiatan mereka.

Kata jam telah digunaka di sekitar pada abad ke 14 sekitar 700 tahun yang lalu. Cara orang dulu itu ternyata ketika ingin melihat waktu carnya adalah dengan menggunakan matahari. Orang zaman dahulu mengatur waktu jika matahari tepat diatas kepala itu disebut siang hari sampai sore, dan saat matahari terletak di dekat kaki langit berarti waktu sudah waktunya dekat pagi atau dekat malam.

Jam dengan lata penggerak mekanik, tidak pernah diketahui aslah mula ditemukannya. Namun banyak sumber yang menyatakan bahwa jam mekanik ditemukan pertama kali dan digunakan di biara-biara sebagai alat panggil pertma kali untuk para biarawan dan biarawati untuk berdia dan bisa dibunyikan tepat pada waktunya. Di akhir abad ke-16, lonceng mulai di buat tegak dan di awal abad ke-17 mesinnya mulai di beri pembungkus dari kuningan, diperkaya dnegan penutup kaca dan jarum penunjuk menit. bukan hanya itu saja, mulai tahin 1656 di perkenalkan pula lonceng dnegan pemberat dan juga pendulum bertali pendek yang dibungkus dalam kotak kayu dan di gantung di dinding. Pada tahun 1929 mulai diterapkan krista; quartz pada alat pengukur waktu/jam. jam digital/elktrik pertama kali dibuat perusahaan The Hamilton Watch Co of Lancaster, Pensylvania seiktar tahun 1950. Setelah itu, mulailah bermunculan beberapa merk dan juga model jam tangan sampai saat ini.

Jenis Dari Jam 
Jam Air Yunani


•    Jam Air yunani

Jam air atau klepsidra ini merupakan sejenis jam, yang dimana waktu bisa diukur oleh aliran air yang teratur ke dalam (jenis aliran masuk) atau keluar dari jenis aliran keluar sebuah tempat, kemudian di tampung kembali.  Jam air ini mempunya ailran keluar yang bernentuk mangkuk adalah nentuk jam air dan diketahui pernah ada di era Babylon dan juga mesir seitar pada abad ke 16 sebelum masehi. Biarpun bergitu ada juga yang mengita bahwa jam air ada di China pada awal tahun 4000. SM.

•    Jam Pasir

Jam pasir merupakan sebuah alat perangkat untuk mengatur waktu. Terdiri dari dua tabung yang terhubung dengan sebuah tabung yang sempit. Salah satu tabung yang biasanya di isi dnegan pasir, yag mengalir melalui tabung atas ke tabung yang ada di bawahnya dengan jalur yang teratur. Saat tabung atas yang berisi pasir telah mengisi penuh tabung bawah, alat ini bisa di balik sehingga bisa digunakan kembali sebagoa pengatur wakty. Jam passir merupakan nama umum yang mengacu pada gelas pasir, di mana jam pasir ini bisa digunakan untuk menghitung waktu selama satu jam. Tidak di ketahui di mana jam ini dibuat, namun beberapa versi mengatakan bahwa jam ni berasal dari yunani.

•    Jam Matahri

Jam matahari memiliki naman lain yaitu jam sunoidalm yang merupakan jam tertia dalam peradaban padan manusia, Jam ini telaj di kenal sejak 3.500 sebelum masehi. Pembuatan jam matahari di dunia islam juga sudah ditemukan oleh Ibnu Al-shathir, seorang ahli astronomi Muslim (1304-1375 M) berkat penemuannya ini laih, beliau dikenal sebagai Muwaqqit atau pengatur waktu ibadah. Jam yang di buat oleh Ibnu Al-shatir itu masih tergolong jam matahari kuno, yang di darsarkn pada garis jam lurus. Ibnuy al-Shatir membagi waktu dalam sehari dnegan 12 jam, pada musin dingin waktu pendek, sedangkan pada musim panad waktu lebih panjang. Jam mataharinya itu merupakan polar axis sundial paling tua yang amsih eksis sampai saat ini.

•    Jam Atom

Jam atom merupakan jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitung. Jam atom awal adalah dengan amser dan juga peralatan lainnya, Standar frekuensi atom terbaik saat ini berdasarkan fisika yang lebih maju melibatkan atom dini dan air mancur atomic. Lembaga nasinan Teknolig Amerika Serikat mempertahankan keakuratan 10 samapi 9 detik per hari, dan ketetapatan yang sama denga nfrekuensi radio pemancar yang mempompa maser. Jam ini mempertahankan waktu yang stabi dan juga berkelanjutan yaitu Waktu Atom Internasional amun disinkronasikan lewatnya hari dan malam berdasarkan pengamatan astronomical.

•    Jam digital
Jam digital merupakan tipe jam lain dari tampilan waktunya. Jam digital di jalankan secara elektronik. Pada umumnyam enggunakan 50 atau 60 hertz isolator AC atau Kristal osilator seperti jam kuarsa untuk menjalankannya. Kebanyakan jam digital menampilkan jam dalam format hari atau bisa dikatakan 24 jam. Di amaerika dan beberapa negara lain menggunakan pewaktu dalam format 12 jam denngan indilkasi pembeda “AM” atau “PM” untuk tampilan waktu jam digital menggunakan tujuh segemen seperti LED, VFD atau LCD untuk tampilan waktu dalam empat digit. Umumnya termasuk juga elemen lain seperti penunjuk AM atau PM

•    Jam Modern (analog)

Jam analog atau bisa disebut juga dengan jam modern, adalah jam yang memiliki jarum yang berputar secara berkelanjutan, juga dapat men unjukan waktu pada resolusi berapa pun.

No comments:

Post a Comment