Pengalaman Kembali ke Tanah Rantau dari Surabaya ke Jakarta Naik Kereta - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, January 18, 2020

Pengalaman Kembali ke Tanah Rantau dari Surabaya ke Jakarta Naik Kereta

Naik Kereta

Pergi merantau memang sudah menjadi hal umum pada sekarang ini. Pasalnya untuk mencari sebuah pekerjaan yang layak pada saat ini semakin sulit. Para calon pekerja tidak hanya dituntut pintar serta bergelar, namun kita juga dituntut untuk punya segudang pengalaman suatu hal apapun itu. Itulah yang menjadi alasan utama saya merantau jauh dari kampung halaman di Surabaya ke Jakarta untuk meneruskan pendidikan sembari mencari banyak hal-hal yang baru.

Selama kurang lebih 4 tahunan perjalanan yang berliku-liku saya lalui. Namun masalah yang paling berat menurut saya ialah dikala kita berusaha untuk nyaman hidup mandiri jauh dari kerabat dan kampung halaman. Di saat tertentu, rasa kangen pada kampung halaman itu sering kali terlintas di hati. Maka dari itu untuk mengobati rasa kangen tersebut, saya selalu menyempatkan untuk balik ke tanah rantau dari Surabaya naik kereta jikalau waktu longgar.

Saya lebih sering menggunakan jasa kereta api untuk pulang kampung. Moda transportasi yang satu ini menurut saya sangatlah praktis dan efisien mengingat jarak antara Jakarta dan Surabaya juga sangat jauh dan tidak memungkinkan jika ingin menaiki sepeda motor sendiri. Selain kereta sebenarnya juga masih ada moda transportasi umum yang lain seperti pesawat. Namun harganya juga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan naik kereta api.

Cukup dengan 300 ribuan saya sudah bisa pulang ke kampung halaman ataupun baik lagi ke Jakarta dengan naik kereta api. Butuh sekitar 13 jam perjalanan untuk menempuh jarak yang jauh diantara dua kota tersebut. Pastinya sangat melelahkan, namun rasa lelah itu seakan sirna ketika bisa melihat keluarga yang ada di kampung halaman.

Dalam kisah perjalanan kembali ke kampung halaman pastinya ada berbagai pengalaman berkesan yang kadang juga tidak mengenakkan. Salah satunya adalah sering kali kehabisan tiket. Pasalnya jika mendekati liburan atau tanggal merah, banyak juga pemudik lain yang menggunakan moda transportasi kereta api.

Kehabisan Tiket Kereta Api
Ketika musim liburan telah tiba, risiko kehabisan tiket kereta memang sudah sering terjadi. Seperti itulah contoh pengalaman buruk yang pernah saya alami. Harapan ingin segera pulang untuk bertemu kerabat keluarga terpaksa harus agak sedikit tertunda jika kehabisan tiket kereta api. Antusiasme para pemudik dalam menggunakan moda transportasi ini memang sangat tinggi, terlebih ketika libur hari-hari besar seperti idul fitri, tahun baru, ataupun hari libur yang lainnya. 

Dengan pengalaman buruk seperti kehabisan tiket tersebut, pada kemudian hari saya menyiasati dengan memesan tiket kereta sejak jauh-jauh hari. Zaman sekarang banyak cara mudah untuk memesan tiket kereta api. Selain datang langsung ke loket yang berada di stasiun, sekarang juga sudah banyak jasa online yang menawarkan sistem pemesanan tiket kereta api secara mudah dan efisien. Pastinya dengan tidak mengharuskan anda untuk datang ke loket stasiun lagi.

Kemudahan Memesan Tiket KA Secara Online
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak kemudahan yang muncul untuk membantu persoalan manusia. Salah satunya adalah dengan hadirnya jasa booking tiket kereta api secara online, salah satu yang paling populer dan terpercaya adalah di traveloka.com.

Dengan mengaca pada pengalaman buruk saya seperti ulasan di atas, sepertinya hadirnya jasa booking tiket seperti traveloka bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin pulang kampung menggunakan kereta api tanpa takut kehabisan tiket.

Cara pemesanannya pun tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu untuk mengakses traveloka.com untuk melihat-lihat rute perjalanan kereta yang hendak anda tuju. Setelah dirasa sesuai juga dengan waktu yang anda inginkan, selanjutnya anda tinggal memesannya dan anda bisa melakukan pembayaran melalui atm. Nantinya anda akan mendapatkan e-ticket yang bisa anda gunakan ketika hendak menaikki kereta di stasiun seperti halnya tiket konvensional pada umumnya. Sangat praktis bukan?

Dengan begitu balik ke tanah rantau dari Surabaya naik kereta bisa dilakukan dengan mudah dan andapun juga bisa segera melepas rindu bersama kerabat keluarga di kampung halaman ketika liburan tiba.

Itu dia ulasan mengenai sedikit pengalaman pribadi saya ketika berada di perantauan. Memang pengalaman tidak selalu berbau kesenangan, terkadang juga kita mengalami hal yang tidak kita inginkan. Namun sebenarnya itulah yang membuat kita berhati-hati dan mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga bisa menjadi manfaat bagi anda  .

1 comment: