Perawatan Tindakan yang Dilakukan Oleh Dokter Spesialis Ortodonsia di Tangerang - Esahwa.com

Blog Siti Esah

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 9, 2020

Perawatan Tindakan yang Dilakukan Oleh Dokter Spesialis Ortodonsia di Tangerang

dokter spesialis ortodonsia

Gigi dan mulut yang bermasalah dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi bisa menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Sehingga kesehatan organ lain juga dapat terganggu. Mulut merupakan pintu awal menuju tubuh bagian dalam. Oleh sebab itu kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak bakteri yang terdapat di seluruh bagian tubuh manusia, salah satunya di dalam mulut. Kondisi mulut dan gigi yang sehat membantu mencegah bakteri berkembang secara berlebihan. Kondisi mulut yang sehat dapat diciptakan dengan menggosok gigi secara teratur. Karena mulut dan gigi yang tidak terawat menyebabkan bakteri leluasa berkembang biak dan menyebabkan beberapa gangguan gusi dan gigi. Kemudian juga dapat menyebabkan kurangnya produksi air liur yang mencegah masuknya kuman penyebab penyakit. Apabila tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya, mulutlah gerbang masuk berbagai kuman penyakit. Salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yaitu ortondosia. Anda dapat menjumpai dokter spesialis ortodonsia di Tangerang untuk perawatan gigi.
 
Ortondosia berasal dari bahasa Latin orthodontia, yaitu orthos artinya merapikan, sedangkan dontia berarti gigi. Ortondosia dapat diartikan sebagai cabang ilmu kedokteran gigi yang melakukan perawatan guna merapikan gigi dengan tujuan mendapatkan onklusi optimal dan fungsional dengan tetap mengutamakan nila estetika gigi. Ilmu ini mengajarkan bagaimana mendiagnosis, mencegah dan memperbaiki susunan gigi atau gusi yang tidak teratur. Dokter spesialis yang mendapatkan pelatihan khusus di sekolah kedokteran gigi setelah lulus dari program pendidikan dokter gigi spesialis dinamakan ortondosia. Gelar yang diperoleh dokter gigi spesialis ortondosia yaitu drg., Sp.ort.
 
Secara garis besar perawatan ortondosia dibagi menjadi beberapa jenis yaitu perawatan ortondosia fungsional, lepasan dan perawatan ortondosia cekat dan perawatan bedah ortondosia. Dokter gigi umum hanya memiliki wewenang sebatas mengerjakan perawatan ortondosia fungsional dan perawatan lepasan. Lalu apa saja tindakan perawatan ortondosia? Beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan meliputi:

1.    Moloklusi kelas III skeletal (rahang bawah maju), keadaan gigi graham bawah pertama berada lebih depan dari posisi normal, kondisi ini dikarenakan ukuran rahang bawah lebih besar dari normalnya.
2.    Moloklusi skeletal kelas III dengan profil wajah asimetri (non-bedah), ditandai dengan wajah yang terlihat miring apabila dilihat dari depan. Bagi pasien dengan kemiringan berat, diperlukan bedah rahang untuk mencapai onklusi normal. Perawatan yang dilakukan yaitu braces.
3.    Damon sistem, jenis braces yang disarankan untuk pasien dengan aktivitas yang padat.
4.    Terapi myofunctional, metode pelatihan dan alat ortondotik lepasan khusus untuk melatih dan mengembalikan fungsi otot sekitar mulut serta otot-otot wajah. Termasuk di dalamnya jenis alat yang memperbaiki kebiasaan buruk serta menormalkan jalur pernapasan. Terapi tersebut untuk pasien usia dini.
5.    Lingual orthodontics, perawatan yang digunakan hanya terlihat pada bagian belakang. Sehingga memakan waktu lebih sedikit daripada perawatan braces konvensional.
6.    Invisalign, menggunakan teknologi smart force untuk menciptakan serangkaian aligner yang dapat dilepas, didesain secara individu. Bahan yang digunakan hampir tidak terlihat.
7.    Gigi terbenam, keadaan dimana gagalnya gigi tumbuh ke dalam lengkung rahang karena kurangnya tempat lengkung rahang. Perawatan ortondotik untuk menarik gigi agar keluar dan tumbuh pada posisi sempurna dimulai dari pengambilan foto ronsen.
 
Alat yang digunakan untuk menggerakkan gigi secara umum dibagi menjadi 2 yaitu alat ortodonti lepasan dan alat ortondoti cekat. Dengan alat dan berbagai langkah perawatan memberi gambaran Anda bagaimana cara kerja dokter spesialis ortodonsia di Tangerang.

No comments:

Post a Comment